Mencegah Terjadi Bootloop pada Android [Gampang]

Mencegah Terjadi Bootloop pada Android [Gampang]
Dari kesikian kalinya banyak yang salah atau kurangnya pengetahuan akan cara untuk mencegah terjadinya bootloop. Bootloop senditi artinya ialah Bootloop merupakan kondisi dimana ponsel tidak dapat melakukan start awal/proses masuk kedalam sistem operasi. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya logo android/merk ponsel secara berulang-ulang[Selular.ID].

Penjelasan diatas jelas menggambatkan bahwa bootloop sendiri adalah sebuah hal yang cukup mengerikan jika itu terjadi pada gadget kita, sebab jelas gadget akan tidak bisa digunakan jika tidak segera ditangani.

Nahh tapi hal seperti kamu bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi bootloop lagi pada gadget kamu. Berikut Camumas punya sedikit tips untuk mencegah agar tidak terjadi bootloop pada gadget kamu saat akan melakukan flashing.

Mencegah Terjadi Bootloop

Untuk pencegahan dari terjadinya bootloop, kamu dapat melakukan hal dibawah ini:

1. Awas saat Pengisian Baterai
Mencegah Terjadi Bootloop
Pengisian baterai adalah salah satu penentu yang cukup penting dalam mencegah dan mengurangi kesalahan saat melakukan install ulang. Tips usahakan untuk menunggu presentase baterai sampai 100 %, jangan membiasakan menyelesaikan pengisian baterai sebelum terisi penuh diatas batas normal atau aturan pengisian.

Baca juga : Cara untuk menghemat Baterai android Agar lebih tahan lama

2. Melepas Baterai dengan Paksa
Melepas baterai dalam keadaan ponsel menyala sama artinya memaksakan sistem operasi pada gadget untuk diputus secara tiba-tiba. Hal semacam ini bisa menyebabkan kerusakan pada sistem dan juga komponen hardware pada ponsel kamu, bahkan komponen-komponen yang terdapat di dalamnya juga. Sebab saat melepas baterai saat ponsel sedang aktif maka memutus aliran atus daya pada gadget secara sengaja dan paksa.

Bisa saja akan membuat konponen menjadi mati atau korsleting secara tiba-tiba, sebaiknya matikan dahulu gadget saat hendak melepas baterai.

3. Waspada akan Download Aplikasi
Kamu harus selektif dalam download dan install sebuah aplikasi untuk gadget kamu. Jika kamu ingin melakukan pengunduhan suatu aplikasi, teliti terlebih dahulu aplikasi tersebut atau lebih baik kamu download melalui penyedia yang memang khusus untuk gadge kamu seperti Apps Store dan Playstore atau lainnya.

Sebab store resmi seperti itu sudah terjamin keamanan dan kebersihan data serta dijamin akan membuat gadget kamu aman dari ancaman virus atau malware lainnya.

Baca juga : Aplikasi video Editing Paling mirip Kinemaster

4. Lebik baik lakukan Pembersihan Aplikasi
Sudah banyak tersedia aplikasi antivirus yang terdapat pada Play Store atau Apps Store, bahkan perusahaan antivirus ternama semisal AVG, Avira, Avast, dan Kaspersky juga menyediakan aplikasi antivirus secara gratis bagi para pengguna android dan iOS. Sehingga tidak ada alasan, jika ponsel kamu terkena virus dan sampai terjadi bootloop. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Download Antivirus
Camumas Size : - KB
Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.

Sebab saat kamu hendak melakukan install ulang, alangkah lebih baik kalau kamu bersihkan dahulu file-file yang kurang penting seperti file cache, file backup dll. Dengan banyak aplikasi tersebut diatas.
Pastikan juga bahwa kamu mengunduh firmware dari website resmi seperti asus-id atau samsung, agar kualita file firmware bisa terjaga keamanannya.

Demikian tadi cara untuk mencegah atau antisipasi pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi terjadinya bootloop, sebab bootloop bukan saja karena salah dalam melakukan install tapi juga terjadi karena kemampuan hardware yang kurang mumpuni akibat kurang perawatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel