Cara Untuk Hemat Baterai Android Agar Lebih Tahan lama

Cara Untuk Hemat Baterai Android Agar Lebih Tahan lama
Sebagai salah satu device smartphone yang paling banyak digunakan tentu saja device yang menggunakan sistem operasi android sering sekali merasakan baterai yang cepat habis dan boros. Sehingga harus sering-sering charger smartphone android, jadi kamu nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya pusat listrik dan juga dari charger HP. Hal ini wajar terjadi karena pengaruh dari baterai yang cepat habis bisa jadi karena penggunaan yang terlalu sering dan tidak sesuai dengan porsinya sehingga baterai cepat sekali habis dan boros.

Dalam menghemat baterai android memang cukup dengan beberapa cara sederhana dan mudah, sebab baterai dari gadget Android memang sudah terkenal tidak hemat baterai atau mudah sekali habis baterai (boros). Sehingga kamu harus siap dengan kelemahan dari gadget Android ini, meski begitu bukan berarti kamu tidak bisa tetap menggunakannya untuk sehari-hari. Kali ini Komang akan sedikit memberikan cara untuk kamu yang ingin menghemat baterai gadget Android agar bisa lebih tahan lama meski telah digunakan seharian.

Baca juga : Cara untuk Mengecilkan atau Kompres Foto di Android dan PC

Baiklah kamu bisa mencoba cara dan tips yang akan kami berikan berikut ini, untuk cara-cara dalam melakukan penghematan baterai pada gadget Android.

Cara Untuk Hemat Baterai Android


1. Nonaktifkan fitur OK Google
Aplikasi Google memang sangat membantu untuk keseharian kamu kemana-mana akan tetapi karena kita sering tidak sadar kalau saat kita mematikan layar Android itu berarti gadget tidak benar-benar berhenti atau mati, melainkan gadget tetap hidup dengan tetap bekerja meski layar dimatikan.

Begitu juga dengan aplikasinya nah salah satu penyebab baterai cepat habis adalah karena adanya aplikasi yang terus berjalan dibalik layar seperti 'Ok Google' ini. maka sebab itu sebaiknya kamu mematikan fitur ini agar baterai Android kamu bisa tahan lama.

Cara mematikan fitur "Ok Google":
1. Buka google app.
2. Geser ke kiri dan pilih pengaturan.
3. Pilih voice (suara) > "Ok Google".
4. Selalu matikan.

2. Gunakan wallpaper hitam
Alasan paling kuat untuk wallpaper yang harus diganti hitam adalah karena layar Android tentu saja akan menampilkan warna sesuai dengan apa yang menjadi wallpaper. Sehingga hal tersebut bisa membuat layar hp terus bekerja dan akan menghasilkan warna wallpaper pada layar, nah karena layar itulah maka baterai akan cepat habis.

Namun hal ini sangat efektif jika diterapkan hanya pada layar Amoled. Jenis layar Andoid yang telah Amoled akan lebih bisa membedakan warna sehingga apabila kita memasang wallpaper hitam maka layar akan mengurangi kecerahan dari cahaya yang dikeluarkan, sehingga bisa lebih menghemat baterai.

Setting saja wallpaper Android menjadi hitam, cara setting wallpaper menjadi hitam:
1. Tekan layar beranda cukup lama.
2. Pilih wallpaper.
3. Pilih galeri.
4. Klik wallpaper hitam.
5. Simpan.
*Note : Cara ini hanya merubah wallpaper menjadi hitam full dan tidak ada setting khusus untu menghemat baterai, tapi ini juga termasuk dalam cara untuk hemat baterai biar lebih awet digunakan.

3. Aktifkan Mode Penghemat Baterai
Inilah mode yang memang sangatlah berguna banget untuk menghemat baterai gadget Android kamu, sebab dengan mode ini semua aktifitas yang dirasa tidak penting akan dinonaktifkan. Sehingga gadget akan lebih bisa dioptimalkan kinerjanya saat sehari-hari. Kami pun selalu mengaktfikan mode ini apabila sedang menggunakan gadget, sehingga kami bisa lebih taham lama untuk menggunakan Android diluar dan tidak dekat dengan sumber listrik.

Cara mengaktifkan mode hemat baterai:
1. Masuk ke pengaturan > Power Management.
2. Power Saver.
3. Aktifkan smart saving.
4. Pilih Ultra-saving mode, optimized mode, atau customized mode.
5. Selesai,
mode baterai saver

4. Install Aplikasi Untuk Menghemat Baterai
Kami rasa ada banyak berbagai aplikasi yang memang digunakan untuk memaksimalkan kinerja dari baterai gadget, tetapi disini kami cukup merekomendasikan satu aplikasi yaitu "Greenify".

Meskipun kami tahu kalau ada banyak aplikasi serupa akan tetapi untuk kinerja aplikasi ini lebih powerfull dan lebih mudah untuk digunakan.

Kinerja dari aplikasi Greenify adalah tidak mematikan aplikasi tersebut akan tetapi hanya membuatnya seperti di freeze sementara, karena apabila aplikasi itu dibuka kembali maka otomatis tidak akan di freeze kembali.

Baca juga : Membuat Kunci Pola HP Android yang Menarik dan Mudah di Ingat

5. Matikan GPS
Fitur yang dibawa gadget Android yang satu ini memang sangat membantu sekali yaitu bisa melihat posisi dimana kita sekarang berada, namun karena aplikasi ini apabila diaktifkan terus maka tentu saja akan dapat menguras baterai kita dengan cukup cepat karena GPS ini sangatlah over power.

Saran kami, aktifkan GPS ketika benar-benar membutuhkannya. Seperti ketika akan menggunakan Google Maps. Kami pribadi lebih sering mematikan GPS daripada mengaktifkannya, karena apabila GPS di aktifkan terus menerus maka hal ini tentunya akan membuat baterai android tidak awet.
Matikan gps

6. Atur waktu tidur layar aktif
Kita bisa menghemat gadget Android hanya dengan mengatur waktu dari layar aktifnya, karena pada Android kita akan diberikan opsi untuk tetap mengaktifkan layar mulai dari 15 detik, 30 detik sampai ke tidak pernah mati (never). Kita pasti tahu kalau Android hal yang membuatnya cepat boros baterai adalah dari keceraahan layarnya sehingga mengatur waktu layar tetap aktif perlu dilakukan untuk dapat menghemat baterai Android.

Cara mengatur waktu tidur layar:
1. Pergi ke pengaturan.
2. Tampilan.
3. Tidur.
4. Pilih waktu.
5. Taraaa!.
Settings time sleep phone

7. Mengatur kecerahan layar android
Kita pasti ketika mengatur kecerahan dari gadget akan memilih untuk mengaturnya menjadi auto brightness kan! Padahal hal itu cukup keliru kalau kamu hendak menghemat baterai kamu karena dengan mode itu diaktifkan maka Android akan selalu berjalan untuk mengatur kecerahan sesuai keadaan kamu, bisa ditengah terik sehingga layar akan ikut terang banget.

Karena auto brightness atau otomatis dapat menguras baterai lebih cepar, maka lebih baik anda mengatur kecerahan layar secara manual dan menonaktifkan auto brightness pada gadget kamu sekarang.

Baca juga : Cara Untuk Membuat Baterai HP Samsung jadi lebih Awet Terbaru

Untuk berbagai cara dalam menghemat baterai Android diatas bisa kamu terapkan untuk semua merk dan jenis ponsel Android seperti merk samsung, oppo, advan, xiaomi, huawei, dan lainnya jadi kamu jangan membedakan gadget satu dengan lainnya memiliki cara yang berbeda. Sehingga baterai Android bisa lebih tahan lama untuk digunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel