√ 3 Langkah Mudah Edit File PDF Lewat PC [Offline]

√ 3 Langkah Mudah Edit File PDF Lewat PC [Offline]
Kita saat ini tahu kalau saat ini jenis dokumen tidak saja berekstensi doc atau docx akan tetapi ada sebuah dokumen dengan ekstensi pdf. Ya PDF atau (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi (wikipedia). Sehingga pdf ini begitu populer saat ini yang sering digunakan untuk menyimpan dokumen, karena memang bertujuan untuk itu.

Namun pasti kamu tahukan kelemahan dari file pdf ini? Ya file pdf ini tidak bisa di edit atau hanya bisa di edit hanya melalui editor khusus atau harus di convert sesuai dengan dokumen lain seperti doc atau docx. Sehingga ini adalah kelemahan terbesar dari file pdf ini (menurut Camumas)

Baca juga : Cara untuk Mengecilkan atau Kompres Foto di Android dan PC

Nahh tapi asal kamu tahu bahwa saat ini rupanya file pdf telah bisa diedit lho, bahkan editnya tidak harus di convert atau menggunakan software dari Adobe Systems. Akan tetapi sudah bisa di edit melalui software lain seperti Microsoft Office Word dan lainnya.

Oleh sebab itu berikut kami jelaskan cara untuk mengubah atau edit file pdf seperti file dokumen lainnya yang berekstensi doc atau docx dengan mudah. Silakan kamu coba apabila kamu sedang tidak berada dengan koneksi internet wifi atau lainnnya yang memungkinkan untuk convert file pdf tersebut.

1. Microsoft Office Word (Terbaru)

Cara yang satu ini bisa kita terapkan bisa microsoft office word 2013 ke atas. Dengan menggunakan microsoft office word kita bisa dengan mudahnya mengedit file pdf layaknya kita mengedit atau membuat dokumen docx.
  1. Buka file pdf yang akan kita edit menggunakan Microsoft Word. Caranya dengan klik kanan file pdf tersebut lalu open with Microsoft Office Word. Atau bisa juga dengan membuka aplikasi Ms.Word terlebih dahulu setelah itu klik fileopen ➜ cari file pdf yang akan kita edit.
  2. Setelah itu file pdf akan terbuka di word secara otomatis. Jika muncul pop-up klik OK.
  3. Edit file pdf tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  4. Jika file tersebut selesai di ubah. Selanjutnya simpan file pdf tersebut. Kita bisa menyimpanya menjadi dokumen word atau PDF.
  5. Tentukan direktori save file tersebut.
  6. Setelah itu klik save.

2. Adobe Acrobat Pro

cara mengedit file pdf hasil scan
Selain menggunakan Microsoft office Word. Cara untuk edit file pdf kita bisa menggunakan aplikasi pemilik format pdf tersebut yaitu Adobe. Ingat yang kita gunakan untuk edit file pdf adalah Adobe Acrobat Pro, bukan Adobe Reader.
Langkah – langkah edit file pdf menggunakan adobe acrobat pro:
  1. Buka aplikasi adobe acrobat pro di PC kita, setelah itu pilih file pdf yang akan kita edit. Atau bisa juga dengan klik kanan file pdf tersebut lalu pilih open with adobe acrobat.cara edit file pdf
  2. Setelah file pdf berhasil terbuka saatnya kita untuk mengeditnya dengan memilih menu Tool selanjutnya pilih Edit Text & Images.
  3. Setelah file selesai diedit langkah terakhir adalah menyimpanya. Kita bisa menyimpan dengan menimpa atau mengganti file pdf yang belum kita edit tadi atau membuat file pdf baru.

Ada cara ketiga yang bisa kamu jadikan opsi untuk kamu pengguna mac atau yang tidak memiliki lisensi microsoft office word serta yang memang menggunakan selain dari word. Bisa menggunakan aplikasi mac preview untuk edit file pdf dengan mudah secara offline.

3. Mac Preview

cara mengedit pdf
Untuk kita yang menggunakan Mac ada cara edit file pdf yang bisa kita lakukan dengan mudah bahkan tanpa perlu membeli dan menginstal aplikasi editor pdf berbayar. Yaitu menggunakan Preview pada mac.

Baca juga : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk [Mudah!]

Namun kita hanya bisa mengedit nya secara dasar saja seperti menambah teks, merubah warna teks, merubah ukuran teks, dan lainya.
Cara edit file pdf offline dengan mac:
  1. Buka file pdf yang akan kita edit.
  2. Setelah terbuka pilih opsi Tools & Annotate di menu drop down. Selanjutnya klik menu text untuk mengubah teks.cara mengedit file pdf
  3. Jika telah selesai mengeditnya. Simpan file hasil edit tersebut.

Mudah bukan untuk melakukan edit file pdf melalui pc secara offline. Tidak itu saja file pdf juga memiliki ukuran yang sangat kecil dan juga bisa dibuka di berbagai platform dengan dukungan file browser yang terbaru sekalipun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel