Cara untuk Jadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot Tethering

Cara untuk Jadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot Tethering
Pada saat kamu bingung karena gadget kamu tidak ada paketan maka bisa melakukan hal mudah pada laptop kamu, yaitu membuatnya menjadi penyalur jaringan atau sebagai hotspot (Tethring).

Apalagi saat kamu sedang terkonesi dengan jaringan di wifi corner, jelas yang bisa terkoneksi hanyalah 1 perangkat saja. Sehingga langkah tepat untuk itu adalah membuat laptop menjadi sumber jaringan baru untuk gadget.

Untuk membuat itu jelas kamu perlu mengetahuinya, mumpung Caramumas sedang praktek cara ini kemarin maka sekalian kami buat posting artikel untuk bisa kamu baca-baca.

Supaya kamu bisa lebih memaksimalkan jaringan internet dengan cara dibagikan melalui laptop meskipun hanya dengan menggunkan 1 ID wifi corner.

Berikut bagi kamu yang ingin menjadikan laptop sebagai WIFI hotspot tethring, dengan mudah dan gampang.

Cara membuat Laptop Sebagai WiFi Hotspot atau Tethering

Nah, pertama-tama, pastikan bahwa Wifi kamu sudah ON. Selanjutnya, silahkan ikut beberapa langkah sederhana berikut:

#1. Buka Command Prompt sebagai Administrator (Run as Administrator). Di Windows 10 tinggal tekan saja tombol Windows + X, kemudian dari menu popup silahkan pilih Command Prompt (Admin).

#2. Nah sekarang kita langsung mulai membuat Wifi hotspotnya. Copy kode di bawah ini dan Paste ke dalam Command Prompt:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=caramumas key=passwordwifi

Yang perlu kamu perhatikan dan ubah adalah tulisan yang berwarna merah. Isi SSID di atas (ganti seniberpikircom) menjadi nama Wifi sesuai keinginan kamu, ditambah dengan passwordwifi menjadi password yang kamu inginkan.

Jangan lupa, password harus berisi paling tidak 8 karakter. Pastikan juga password yang Ankamu da gunakan sulit untuk ditebak agar terhindar dari pencurian koneksi Wifi.

#3. Kemudian tekan Enter. Setelah itu Command Prompt akan mengatur kredensial Wifi yang kamu tentukan. Tunggu prosesnya hingga selesai.

#4. Selanjutnya masukkan kode di bawah ini untuk mulai menggunakan Wifi:

netsh wlan start hostednetwork


#5. Seharusnya Wifi yang kamu setup sudah bisa digunakan. Silahkan gunakan, atau periksa terlebih dahulu di panel Network & Sharing Center, seperti gambar berikut:

jika Local Area Connection memberikan detil terkait nama Wifi/SSID yang tadi kamu tentukan, berarti Wifi hotspot telah disetup dengan benar dan bisa langsung digunakan.

Nah dengan metode pertama ini kamu sudah berhasil menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot. Tidak perlu software pihak ketiga, kan?

Untuk menghentikan Wifi hotspot ini, masukkan kode berikut di Command Prompt:

netsh wlan stop hostednetwork

Dengan kode di atas maka Wifi hotspot yang kamu setup tadi bisa dihentikan ketika kamu tidak lagi menggunakannya, sekaligus menghemat kuota internet kamu.

Metode manual ini bisa kamu gunakan di laptop Windows dengan OS Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10.

Catatan

1. Jika kamu ingin mengaplikasikannya di komputer, mungkin kamu akan membutuhkan Wifi router eksternal dalam bentuk USB.
2. Laptop versi lama tidak semuanya mendukung hostednetwork built-in, sehingga kamu juga mungkin akan membutuhkan Wifi router eksternal.

Penutup

Kamu bisa saja menggunakan cara ini untuk membuat wifi dengan laptop kamu, namun jika kamu merasa kalau ini terlalu ribet kamu bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang kamu pasang pada laptop kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel