Tanpa Ribert Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop 2019

Tanpa Ribert Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop 2019
Internet pada kala ini menjadi sebuah kebutuhan yang sangatlah menunjang semua keperluan manusia, banyak hal yang bisa dilakukan melalui internet. Sehingga manusia saat ini sangat bergantung sekali pada jaringan internet.

Apalagi mengingat kalau saat ini sudah menginjak koneksi 5G, sudah pasti akan sangat diperlukan dan akan mulai digunakan oleh khalayak umum. Namun terkadang permasalahan yang timbul bisa saja dari perangkat kita sendiri sehingga mau internet secepat apapun kalau memang ada kendala pada perangkat kita maka sia-sia.

Kalau kamu sampai mengalamai kecepatan internet menjadi lambat atau internet sulit, maka kamu perlu melakukan hal berikut untuk mempercepat koneksi jaringan internet baik itu untuk Komputer atau laptop. Ini merupakan cara terbaru 2019 yang Caramumas berikan untuk kamu.

Kalau internet kamu lemot dan lambat tentu akan membuat kamu emosi dan marah, sebab proses upload dan download tak kunjung selesai. Nah, sebelum kamu merasa kesal dan emosi dengan koneksi internet yang lemot kaya kura-lura. Ayo simak tips cara mempercepat koneksi internet PC atau Laptop.

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop 2019

Tanpa ribet dan susah lagi untuk kamu cara mempercepat koneksi internet pada komputer maupun laptop, karena Caramumas punya sedikit cara yang bisa memecahkan permasalahan seputar koneksi yang lambat.

Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD (Command Prompt)
cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal internet kamu. Kamu bisa melakukan request ping ke alamat IP default gateway atau 8.8.8.8 atau domain situs.

Untuk langkah-langkah perintah pada command prompt.
a. Tekan tombol windows + R secara bersamaan kemudian ketikkan CMD lalu enter.
Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD
b. Kemudian ketikkan ping 8.8.8.8 –t  jika hasilnya reply form 8.8.8.8 berarti sukses.
c. Jika tidak berhasil kamu bisa lakukan ping ke DNS google dengan cara ketik ping google.com –t
Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD
Cara ini cukup sederhana namun efektif membuat internet kamu lebih lancar dan cepat. Selain itu kamu bisa memeriksa kondisi kecepatan internet dengan melihat time pada comand prompt nya, semakin kecil time nya berarti internet kamu makin cepat.

Mengubah Setting Bandwith Internet
Sebelum mulai, pastikan kamu sudah terhubung ke internet atau modem dalam posisi on. Bandwith internet merupakan kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi atau frekuensi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

Pada settingan default komputer umumnya bandwith hanya berkisar di angka 20% saja. Supaya koneksi internet kamu kencang, gunakanlah nilai bandwith yang lebih besar lagi dengan cara mengubah setting pada computer configuration.

Berikut cara mengubah setting bandwith di komputer atau laptop kamu.
a. Jalankan program Run dengan cara tekan tombol Windows+R secara bersamaan nanti akan muncul pop up disudut kiri bawah layar. Ketikkan pada kolom gpedit.msc kemudian enter atau OK.
Mengubah Setting Bandwith Internet
b. Maka akan muncul jendela baru local grup policy editor. Silahkan pilih menu computer configuration > Administrative Template > Network > Qos Packed Scheduler.
Mengubah Setting Bandwith Internet
c. Double klik menu Limit Reservable Bandwith
Mengubah Setting Bandwith Internet
d. Maka akan muncul jendela baru, pilih menu Enable > pada bagian bandwith limit silahkan ganti menjadi 0 (deultnya 20%/80%). Jika sudah klik OK.
Mengubah Setting Bandwith Internet
e. Restart komputer kamu untuk merasakan hasilnya.

Mengubah Setting DNS Internet
Tips dan turorial cara mempercepat koneksi internet selanjutnya adalah dengan mengubah setingan DNS (Domain Name System) lama komputer kamu. DNS atau Domain Name System adalah penamaan sebuah komputer dengan menggunakan fasilitas jaringan TCP / IP (Transmision Control  Protocol / Internet Protocol).

Kamu bisa mengganti konfigurasi DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS nya google. Cara ini terbukti ampuh meningkatkan kecepatan koneksi internet kamu hingga 20% dari kecepatan awal.

Berikut langkah-langkah Mengubah setting DNS pada komputer atau laptop.
a. Klik kanan pada ikon network disudut kanan bawah layar kamu, kemudian pilih Open Network and Sharing Center.
Mengubah Setting DNS
b. Maka akan mucul jendela Status koneksi, silahkan scroll kebawah dan pilih Network and Sharing Center.
Mengubah Setting DNS
c. Kemudian pilih atau klik Connections yang kamu gunakan saat ini ada pada bagian kanan.
Mengubah Setting DNS
d. Maka akan muncul jendela Wi-fi Status, silahkan klik tombol Properties.
Mengubah Setting DNS
e. Pada jendela Wi-Fi Properties, Double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau bisa juga klik properties setelah di pilih.
Mengubah Setting DNS
f. Maka muncul lagi jendela Internet Protocol Version 4 Properties. Pilih atau centang Use the Following DNS server addresses, kemudian isi dengan alamat Open DNS berikut.
  • Prefered DNS: 208.67.222.222
  • Alternate DNS: 208.67.220.220
Mengubah Setting DNS
g. Kemudian klik OK. Agar hasilnya kerasa, kamu bisa restart komputer kamu.

Selain IP DNS diatas, kamu juga bisa menggunaka DNS google dan ini biasanya lebih mudah untuk diingat dan banyak yang menggunakan. Untuk cara settingnya sama saja dengan yang diatas, kamu tinggal ubah IP DNS diatas dengan DNS google berikut.
  • Prefered DNS: 8.8.8.8
  • Alternate DNS: 8.8.4.4

Pilih Provider yang Kompeten dan yang Paling Cepat
Tidak bisa di pungkiri bahwa provider juga berperan andil yang paling berpengaruh sebab provider juga yang memberikan akses kepada pengguna dalam melakukan akses intenet. Sehingga pemilihan provider juga sangatlah penting untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat.

Sebagai penentu yang paling menentukan dari cara mempercepat koneksi internet pada komputer atau laptop adalah jarak, ya jarak disini adala jarak antar tempat tinggal user dengan tower provider. Sebab kalau jaraknya sangat jauh jelas jaringan yang diterima juga yang dihasilkan kurang optimasl.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel