Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul atau Hilang Pada Semua Browser

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul atau Hilang Pada Semua Browser
Kita pasti suka dengan hal-hal download dan unduh serta merupakan sebuah kagiatan sehari-hari baik itu download video, game, aplikasi gadget, software, dll. Karena memang kebutuhan download bisa dibilang sebagai kebutuhan primer yang sangat biasa dilakukan.

Nahh tools yang cukup populer untuk persoalan download adalah IDM (Internet Download Menager). Bisa dibilang ini adalah tool dewa kalau seputar download sebab memiliki kecepatan unduh yang luar biasa cepat dan mudah.

Namun pada sebuah kesempatan IDM tidak muncul pada browser, hal seperti ini yang terkadang membuat kita bingung untuk cara mengatasinya. Tapi jika di restart tetap saja tidak ada perubahan makan kamu perlu melakukan sesuatu. Baiklah Caramumas punya sedikit cara untuk mengatasi IDM yang tidak muncul.

Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang pada semua Browser

Sebelum kita memasuki tutorialnya, kamu harus memastikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:
Pastikan kamu sedang memakai IDM versi terbaru. Karena beberapa browser dengan update terbaru melarang untuk menambahkan ekstensi atau add-ons versi-versi lama. Hal ini demi kenyamanan kamu dalam menggunakan browser.

Pastikan browser yang kamu gunakan telah terintegrasi atau terhubung dengan extension IDM. Cara mengatahui apakah IDM sudah terintegrasi atau belum, yaitu dengan munculnya tombol Download pada bagian sisi layar yang aktif.

Namun sering kalo IDM tidak muncul pada bagian biasanya dan justru malah hilang entah kemana. Untuk mengatasi hal demikian kamu bisa mengikuti berbagai hal yang akan Caramumas berikan dibawah ini mengenai mengatasi IDM yang tidak muncul pada semua browser.

IDM Tidak Muncul di Mozila Firefox
Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Mozila Firefox

Kamu pengguna browser Mozila Firefox dan menginstall add-ons IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol IDM muncul kembali di mozila firefox.

1. Buka menu bar mozilla di pojok kanan atas > klik pengaya (add-ons).
2. Buka menu ekstensi > klik tombol matikan, lalu aktfkan kembali.
3. Jika sudah, reload kembali halaman tempat kamu ingin mendownload file tadi. Maka tombol download idm akan tampil.

IDM Tidak Muncul di Google Chrome
Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Google Chrome

Bagi kamu pengguna browser google chrome dan menginstall ekstensi IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol idm muncul kembali di Google Chrome.

1. Buka menu browser dengan Klik icon titik tiga di pojok kanan atas > more tools > extensions.
2. Cari ikon ekstensi IDM. Hilangkan centang pada box Enabled, kemudian centang kembali dengan klik Enable. Jangan lupa untuk centang pada Allow in incognito, supaya IDM tetap bisa digunakan walau kamu sedang berada pada privat mode.
3. Jika sudah, silahkan reload (muat ulang) website atau blog tempat kamu mendownload film, maka ikon download IDM akan muncul kembali. Biar lebih bagus, kamu bisa restart browser nya dengan close dan buka lagi.

IDM Tidak Muncul di UC Browser
Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di UC Browser

Atasi pada Browser UC Browser dan menginstall ekstensi IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol idm muncul kembali pada browser UC Browser.

1. Buka menu bar uc browser di pojok kiri atas > pilih manage my extension.
2. Klik tombol Disable, kemudian klik Enable kembali.
3. Jika sudah, reload kembali halaman tempat kamu ingin mendownload file tadi. Maka tombol download idm akan tampil.

IDM Tidak Muncul di Opera Mini
Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Opera Mini

Pada browser Opera Mini dan menginstall ekstensi IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol idm muncul kembali Opera Mini.

1. Buka menu bar opera dengan cara klik tombol menu di pojok kiri atas > pilih extensions.
2. Integrasikan terlebih dahulu Ekstensi IDM dengan klik-tarik (drag) file IDMGCExt atau IDMGCExt.crx dari source IDM di system C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager, drag ke laman extensions opera > lalu klik install.
3. Setelah itu, klik tombol Disable lalu Enable kembali.
4. Reload halaman tempat kamu ingin mendownload file tadi, maka tombol idm akan muncul kembali dengan begitu kamu bisa kembali mendownload file yang kamu inginkan.

Cara Mengatasi Extensi IDM Tidak Ada di Menu Browser
Jika ekstensi IDM tidak ada pada daftar ekstensi di browser kamu atau tidak muncul ada daftar ekstensi yang sudah terinstall. Maka kamu bisa lakukan hal berikut agar ektensi IDM muncul dalam daftar ektensi pada browser kamu.

Cara ini berlaku untuk semua browser diatas namun khususnya untuk browser dengan versi sebelumnya yang memang belum ada IDM.
Cara Mengatasi Extensi IDM Tidak Ada di Menu Extensi Browser

Baiklah untuk mengatasi extensi IDM tidak ada pada browser adalah sebagai berikut.
1.Buka Windows Explorer dengan cara start > fileExplorer atau shortcut tombol Windows + E.
2. Kemudian buka dan cari file IDMGCExt.crx dilokasi ( C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager ) Local Disk C > Program Files (x86) > Internet Download Manager > IDMGCExt.crx.
3. Setelah ketemu, klik-tarik (drag) file tersebut  ke menu Extensi di browser kamu masing-masing sesuai browser.
  • Google Chrome: Ikon titik tiga dipojok kanan atas > More tools > Extensions
  • Mozilla Firefox: Ikon burger di pojok kanan atas > Add-ons > Extensions
  • Opera Mini: Menu Bar pojok kiri atas > Extensions > Extensions
  • UC Browser: Menu Bar pojok kiri atas > Manage Extensions
4. Jika ada pemberitahuan pop-up muncul, klik OK atau Add extensions atau Install.
5. Setelah itu, klik Enable atau Aktifkan extensi IDM yang baru saja kamu tambahkan.
6. Centang juga pada Allow in incagnito / private mode, jika kamu ingin menggunakan IDM pada browser ketika dalam private mode (mode pribadi / rahasia).
7. Selesai.
Cara ini masih berlaku pada browser versi lama. jika kamu menggunakan versi terbaru google chrome dan mozilla mungkin cara ini tidak akan berhasil. Agar bisa berjalan mulus ada baiknya kamu downgrade chome dan mozila ke versi lama dulu untuk kemudian di update ke versi baru.

Demikian yang Caramumas bisa hadirkan untuk kamu sebagai pengetahuan yang memang bisa memabantu dalam mengatasi IDM yang tidak muncul dan hilang pada browser.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel