Metode dan Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool Terbaru

Metode dan Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool Terbaru
Melakukan verifikasi pada Blog itu sangalah perlu untuk dilakukan sebab kita melakukan hal tersebut untuk memberitahukan kepada mesin pencari bahwa ada lho blog ini dengan alamat ini. Ya memang terlihat semudah itu namun apakah itu mudah bagi mesin pencari?

Tentu saja tidak. Sebab yang namanya mesin pencari itu jelas tidak saja terfokus kepada blog kita saja, banyak sekali dliluar sana yang melakukan hal yang sama setiap harinya. Sehingga mesin pencari pun akan kesulitan untuk melakukannya.

Tapi setidaknya dengan kita melakukan verifikasi ini, berarti kita telah mengirimkan sinyal kepada mesin pencari untuk melakukan review atau pengecekan terhadap blog kita tersebut.

Ada banyak metode dan cara yang bisa kita lakukan untuk verifikasi blog kita.

Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool

Langkah-langkah ini cocok sekali kamu praktekkan dengan blog yang berplatform Blogspot atau pun WordPress. Karena memang dua platform blogging inilah yang masih cukup ramai dan diminati oleh para penulis online saat ini.

Sehingga langkah awal untuk verifikasi blog ke webmaster tool adalah sebagai berikut:
  • Yang pertama sekali kamu lakukan adalah membuat akun Google (Gmail) jika belum punya. Jika sudah punya Gmail, maka langsung saja menuju Google Webmaster Tool. (Agar lebih gampang pastikan kamu sudah log in terlebih dahulu ke dalam Gmail).
  • Setelah log in, silahkan klik “Add a Site“. Sebuah kotak akan muncul setelah kamu mengkliknya.
  • Masukkan URL blog kamu ke dalam kotak tersebut, kemudian klik Continue.
  • Di tahap ini Google akan memberikan kamu beberapa pilihan. Akan ada pilihan download dan upload HTML script serta menambahkan kode meta tag ke dalam HTML <header> blog kamu. Berikut tutorial lengkapnya:

Blogspot
Nahh untuk kamu pengguna platform blogspot atau blogger wajib untuk membaca langkah-langkah berikut untuk verifikasi webmaster tool.

Berikut cara lengkapnya:
  • Untuk pengguna Blogspot, pilih metode kedua yakni menambahkan kode meta tag ke dalam HTML <header>. Copy kode meta tag yang diberikan.
  • Masuk ke Dashboard blog kamu lalu klik Layout kemudian klik Edit HTML.
  • Sebelumnya kamu telah meng-copy kode meta tag yang diberikan Google untuk memverifikasi blog kamu. Di tahap ini setelah kamu masuk ke tampilan Edit HTML, cari tag <head> (gunakan CTRL+F) dan paste kode meta tag tersebut tepat setelah tag <head> tersebut. Kemudian klik Save Template.
  • verifikasi blog di Google WEbmaster Tool
  • Kembali ke halaman Google Webmaster Tool lalu klik tombol Verify. Halaman yang memberitahukan bahwa verifikasi blog di Google Webmaster Tool akan muncul setelahnya. Selamat!

WordPress
Bagi kamu pengguna WordPress platform gratis, caranya sama saja dengan Blogspot. Namun menu pilihannya akan berbeda, silahkan cari pilihan untuk mengedit tampilan HTML, kemudian cari tag <head> dan paste kode meta tag yang kamu dapatkan tepat setelah tag <head>.

Untuk pengguna WordPress self-hosted, kamu dapat menggunakan banyak metode. Berikut metode-metode tersebut:
Menggunakan Metode Meta Tag
  • Masuk ke Dashboard => Appearance => Editor => header.php lalu cari tag <header> kemudian paste kode meta tag yang diberikan kepada kamu tepat setelah tag tersebut.
  • Klik Save lalu verifikasi blog kamu dengan mengklik tombol Verify di Dashboard akun Google Webmaster Tool kamu.

Upload script HTML
Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk verifikasi blog ke webmaster, salah satunya adalah dengan melakukan upload script HTML seperti ini. Isi dari script HTML ini biasanya hanya sekumpulan perintah atau kode verifikasi yang di unggah ke system internal blog saja.

Untuk lebih jelasnya seperti ini cara untuk upload script HTML verifikasi webmaster.
  • Dengan WordPress self-hosted kamu punya akses bebas ke dalam root directory website kamu.
  • Gunakan software Windows/Mac Filezilla (gratis) untuk masuk ke root directory website kamu. Masukkan host, username, password, dan port, kemudian klik Quick Connect. Root directory dengan folder public_HTML akan muncul.
  • Download script HTML dari akun Google Webmaster Tool kamu (metode pertama), kemudian upload script tersebut ke dalam public_HTML.
  • Setelah itu masuk kembali ke akun Google Webmaster Tool kamu lalu klik Verify.

Lewat Plugin WordPress
Wahh kalau kamu memang seorang pengguna wordpress pasti kamu akan sangat mengenal sekali dengan plugin-plugin yang sangat powerfull, contohnya saja plugin untuk verfikasi webmaster tool. Kamu bisa menggunakan plugin Yoast SEO untuk verifikasi blog.

Beginilah cara lengkapnya untuk verifikasi webmastertool dengan plugin Yoast SEO.
  • Selain berfungsi sebagai pengatur SEO dasar on-page untuk blog kamu, plugin ini juga bisa membantu kamu untuk verifikasi blog di Google Webmaster, Alexa Rank, Yandex, Pinterest, dan juga Bing.
  • Install Plugin tersebut lalu aktifkan.
  • Setelah aktif, kamu akan melihat menu baru bertuliskan SEO di Dashboard WordPress kamu, tepat di bawah menu Settings. Arahkan mouse kamu ke SEO lalu klik Dashboard.
  • Akan ada beberapa kotak yang tersedia. Cari kotak yang di sebelahnya terdapat tulisan Google Webmaster Tool (atau Webmaster Tool) lalu copy meta tag yang kamu dapatkan di akun Google Webmaster Tool kamu.
  • Kembali ke akun Google Webmaster Tool kamu lalu klik Verify.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk verifikasi blog kamudi Google Webmaster Tool. Jadi pada intinya verifikasi itu mudah saja asalkan dengan ketentuan yang memang dibenarkan oleh Webmaster. Apalagi saat ini sudah lebih dipermudah oleh Webmaster yang terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel