[Mantap] 7 Software Edit Gambar dan Foto Gratis Windows, Mac, Linux

[Mantap] 7 Software Edit Gambar dan Foto Gratis Windows, Mac, Linux
Para editor gambar dan foto tidak selalu menggunakan software yang berbayar atau juga menggunakan versi premium. Masih banyak kk software yang grats serta bisa digunakan jauh bisa lebih baik dari software yang berbayar.

Itu semua karena skill dari editor, sehingga menggunakan software yang gratis juga bukan alasan untuk tidak bisa berkarya yang bagus. Bahkan kamu kalau menggunakan software gratis akan bisa aman dalam hal copyright dalam perusahaan.

Memang kalau dibanding dengan software premium, software gratis masih bisa dihitung dengan jari jumlahnya namun ini bukan sebuah halangan untuk tidak menggunakannya.

Apa saja software edit gambar dan foto yang gratis tersebut? Beberapa software ini kompatibel dengan berbagai OS seperti WIndows, Mac bahkan Linux.

Software Edit Gambar dan Foto Gratis Windows, Mac, Linux


1. PhotoScape X
Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang PhotoScape, bahkan sudah pernah menggunakannya?

PhotoScape yang sekarang merupakan hasil evolusi dari yang sudah pernah kamu gunakan. Selain bisa menjadi image viewer, PhotoScape versi X bisa juga digunakan sebagai software edit gambar maupun foto.

Sekarang, tampilan PhotoScape X jauh lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. Bagi pengguna pemula fitur edit foto yang ada di dalamnya bisa dikuasai dengan mudah.

Mudahnya PhotoScape X untuk digunakan, terutama bagi pemula, menjadi salah satu kelebihan dari software ini sendiri.

Selain sebagai image viewer, PhotoScape X juga bisa digunakan untuk mengedit foto seperti crop, menambahkan sticker, frame, dan lain sebagainya.

2. Pixlr
Pixlr menjadi salah satu software edit gambar favorit, bahkan saya pribadi kerap menggunakannya untuk keperluan edit foto sederhana seperti yang sering saya gunakan untuk artikel-artikel blog ini.

Selain untuk Windows, Pixlr juga tersedia secara online. Fitur yang ditawarkan untuk Windows sendiri sebenarnya cukup memuaskan untuk berbagai keperluan editing sederhana.

Filter sederhana untuk foto-foto kamu juga tersedia, dan software yang satu ini bisa kamu gunakan dengan gratis.

3. Fragment
Sudah pernah mendengar Fragment? Atau bahkan sudah pernah menggunakannya? Bagi yang tidak terlalu membutuhkan fitur edit gambar yang terlalu kompleks seperti apa yang sudah ditawarkan Adobe Photoshop sejauh ini, kamu bisa mencoba Fragment.

Bila kamu hanya ingin fitur edit foto yang sederhana sembari menggunakannya sebagai image viewer, Fragment bisa menjadi jawaban yang tepat bagi kamu.

Windows pada dasarnya menyediakan image viewer bawaan, namun fiturnya hanya ala kadarnya.

Belum lagi proses membuka fotonya terkadang lama sehingga menghabiskan waktu. Fragment mampu menjadi solusinya. Software ini bisa membukanya dalam waktu yang sangat cepat.

Dan setiap foto yang kamu buka dengan Fragment nantinya bisa diedit dengan mudah, paling tidak fiturnya lebih lengkap dibandingkan dengan image viewer bawaan Windows.

4. Krita
Bila kamu sudah pernah menggunakan Adobe Photoshop maupun GIMP, Krita seharusnya tidak susah untuk digunakan karena tampilan antar-muka Krita dengan dua pesaing lain sebenarnya mirip.

Sehingga, bagi kamu yang baru mengenalnya sekalipun, akan cepat akrab dengan Krita dan mampu mendukung proses mengedit foto kamu.

Software ini sebenarnya fokus dikembangkan untuk menggambar, terlebih karena fitur brush yang multifungsi dan mudah digunakan.

Dan bagi kamu yang sudah sempat mengerjakan banyak proyek desain dengan Adobe Photoshop dan ingin mencari software alternatif yang lebih baik, untungnya Krita bisa membuka file berformat PSD, sehingga kamu bisa melanjutkan proyek desain kamu dengan Krita.

5. Vintager
Pernah terpikir untuk memberikan efek vintage seperti di film romantis jadul pada foto kamu? Jika iya maka Vintager merupakan software edit foto yang cocok untuk kamu.

Selain akan membuat foto-foto Instagram kamu menjadi lebih keren karena efek yang ditawarkannya, Vintager juga menawarkan berbagai fitur tambahan untuk mengedit foto kamu.

6. Gimp
Kalau ditanya, apa aplikasi edit foto di komputer yang gratis dan setara dengan Photoshop? Maka Carisinyal akan menjawab GIMP. Program open source yang satu ini merupakan program yang sangat direkomendasikan untuk para desainer dan fotografer. Program ini memiliki hampir semua fitur dan tool software berbayar.

Sifatnya yang open source membuat GIMP banyak disukai oleh kalangan desainer dan fotografer. Bahkan tidak sedikit para profesional tersebut yang menggunakan GIMP untuk mengedit foto, membuat logo, atau mengolah gambar. Software gratis ini bisa berjalan di berbagai sistem operasi komputer, mulai dari Windows, Linux, dan Mac. Kamu bisa download GIMP di sini.

7. PaintShop Pro
PaintShop Pro sudah mencapai seri 2018. Di seri ini, aplikasi ini menawarkan kemampuan yang lebih baik. Tidak heran jika aplikasi ini menjadi pilihan bagi para fotografer profesional selain Photoshop. Mungkin dalam beberapa waktu kedepan, aplikasi ini bisa jadi saingan berat bagi Adobe Photoshop CC.

Apalagi software yang memiliki kemampuan edit foto dan grafis ini memiliki harga yang lebih murah dan bisa dibuat gratis jika dibandingkan Photoshop yakni $63.99 atau sekitar Rp 800-ribuan untuk satu lisensi selamanya atau bisa gratis dengan cara Crack. Kamu bisa cek informasi tentang program yang satu ini di situs resminya.

Kesimpulan

Itulah list 7 software editing Gambar dan Foto yang gratis untuk kamu. Namun yang ke-7 itu maksud kami adalah aplikasi tersebut bisa kamu gunakan secara gratis dengan melakukan crack atau menggunakan versi trial-nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel