Cara Restore File Laptop yang Terhapus tanpa Software

Cara Restore File Laptop yang Terhapus tanpa Software
Pengguna komputer atau laptop pasti pernah melakukan sebuah kesalahan seperti menghapus file tanpa sengaja, pasti berharap akan file tersebut bisa dikembalikan. Nahh pada dasarnya file yang tidak sengaja terhapus tidak langsung hilang begitu saja, sebab ad proses atau alur sebelum file itu bisa disebut terhapus.

Sebagai pembaca yang budiman pasti kamu sedang mencari cara untuk cara mengembalikan file kamu yang kehapus tersebut bukan? Jika iya kamu bisa lho mengembalikan file kamu tersebut tanpa harus menggunakan software atau aplikasi tambahan. Sebab komputer atau laptop kita saat ini sudah memiliki sistem atau cara yang sudah baik.

Baca juga : √ 3 Langkah Mudah Edit File PDF Lewat PC [Offline]

Sehingga bisa mengecilkan pengguna untuk kehilangan file, baik itu file tersebut memang sengaja di hapus atau tidak sengaja terhapus. Yang perlu kamu lakukan adalah ikuti cara yang kami berikan berikut deh.

Cara Restore File Laptop yang Terhapus

Periksa Folder Recycle Bin

Saat data pada komputer Windows terhapus, file tersebut sebenarnya tidak benar-benar terhapus dari komputer kamu. Windows menampungnya di dalam folder Recycle Bin. Recycle Bin merupakan sebuah fitur bawaan yang secara otomatis terpasang di pc jika kamu menggunakan sistem operasi Windows yang berfungsi seperti tempat sampah.

Folder ini merupakan kumpulan file atau data yang terhapus secara sengaja maupun tidak. Jika file tersebut masih terdapat di Recycle Bin, kamu dapat menghelakan nafas dengan lega. Cukup dengan klik kanan lalu pilih Restore, maka data akan kembali ke tempat awal file tersebut disimpan, dan kamu dapat menggunakan data tersebut akan kembali.
cara mengembalikan file yang terhapus di recycle bin

Baca juga : Atasi Lupa Password Laptop Windows 7 [Solusi Gampang]

Fitur Restore Previous Versions

Setelah di periksa di Recycle Bin namun sudah terhapus? Sekali lagi jangan panik, kamu masih dapat menggunakan fitur restore previous versions untuk mengembalikan data yang hilang. Cara ini tergolong mudah, karena kamu tidak perlu menginstall software khusus untuk recovery file. Namun, pastikan kamu sudah mengaktifkan restore point pada laptop.

Berikut merupakan cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Restore Previous Versions. Buka folder yang dimana data telah terhapus sebelumnya, Lalu klik kanan kemudian pilih “Restore Previous versions”. Setelah terbuka kemudian pilih tab “Previous versions”, kemudian pilih folder terakhir yang ingin kamu restore. Selanjutnya restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk restore atau mengembalikan file pada laptop yang terhapus atau tidak sengaja terhapus, namun cara ini jelas tidak support untuk file yang terhapus sebab karena virus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel