Cara untuk Mengecilkan atau Kompres Foto di Android dan PC

Cara untuk Mengecilkan atau Kompres Foto di Android dan PC
Sebuah foto atau gambar memang merupakan jenis file yang cukup penting untuk selalu dijaga, mengingat sebuah foto bisa menjadi sebuah memoriable yang baik. Karena itu sebuah foto merupakan benda yang perlu untuk di simpan. Namun balik foto yang begitu memoriable kita lupa bahwa foto tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda baik besar maupun kecil sehingga jika kita hendak menyimpan foto tersebut di sebuah penyimpanan seperti hardisk jelas akan cepat penuh apabila foto tersebut memiliki ukuran yang besar.

Sehingga apabila sebuah foto tersebut memiliki ukuran yang besar dan kapasitas hardisk kita hanya kecil, tentu foto yang bisa kita simpan hanya beberapa saja dan tidak semua foto. Padahal foto tersebut penting semua. Lalu bagaimana mengatasinya?

Untuk mengatasi foto yang memiliki ukuran yang besar dan kita memiliki penyimpanan yang kecil, maka solusinya adalah dengan melakukan kompress foto. Hal ini sangat baik dilakukan karena biasanya hasil kompress memang tidak sebaik foto asli tapi itu tidak mengurangi sifat memoriable dari sebuah foto tersebut kan?

Baca juga : Lupa Password akun Gmail di Android, Cobalah di Reset saja!

Untuk melakukan kompress tersebut jelas kamu bisa melakukannya tidak hanya di Laptop tapi kamu juga bisa di Android. Lho ada aplikasi kompress foto untuk Android? Ada dong, beriku Camumas akan rangkum cara kompres foto baik di laptop dan Android.

1. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online

Memang tadi kita membahas beberapa hal hal seputar foto dan gambar, dengan banyak cara mengecilkan atau kompress foto tersebut. Namun sebagian dari kita bisa memilih menggunakan cara online hanya untuk melakukan hal itu. Dimana kita tidak perlu lagi untuk mengunduh dan install aplikasi kompress. Terlebih lagi dengan cara online ini kita bisa menggunakanya dengan laptop maupun hanya lewat android.

Memang banyak situs yang tersedia di Google untuk mengecilkan ukuran foto sehingga kita bingung akan menggunakan situs yang mana. Namun tenang kami telah melakukan uji coba di beberapa situs tersebut dan kami memutuskan untuk menggunakan TinyPNG.
cara memperkecil ukuran foto tanpa aplikasi
Kenapa TinyPNG yang kami pilih, karena selain mudah digunakan disini kita juga bisa mengkompres hingga 20 foto sekaligus. Dan dengan ukuran maksimal masing-masing foto sebesar 5Mb. Foto yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang bagus dengan ukuran yang kecil.

Cara mengecilkan ukuran foto secara online dengan TinyPNG:
  1. Kunjungi situs tinypng.com.
  2. Kita bisa menarik foto kita kedalam kolom "Drop your .png or .jpeg files here.!"
  3. Pilih foto ingin kita dikompres, lalu klik "Open".
  4. Lalu secara otomatis proses kompres akan berjalan, tunggu hingga proses kompres selesai.
  5. Jika proses kompres telah selesai, maka pada bar hijau tersebut akan muncul tulisan Finished.Kompres Gambar Online
  6. Klik download yang ada di samping bar tersebut. Maka akan terdownload dalam bentuk arsip.

Baca juga : 7 Bentuk Pola Kunci HP Android Simple Tapi Susah di Tebak

2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP

cara mengecilkan ukuran foto di hp
Setelah mencoba beberapa aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto kami memutuskan untuk memilih aplikasi Photo Compress 2.0 dengan developer Saawan Apps.

Photo Compress 2.0 Download
Photo Compress 2.0
Camumas Download Size : 1.7 MB
Alasan kenapa kami memilih aplikasi ini adalah selain sangat mudah digunakan aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur lain. Selain digunakan untuk mengecilkan ukuran foto yaitu kita bisa juga untuk mengubah resolusi (dimensi) dan juga memotong (crop) foto.

3. ImageOptim

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Macbook
Untuk pengguna Macbook seperti kakak kami, dia cukup kesulitan dalam melakukan kompress foto seperti ini. Bagi anda pengguna macbook, kita bisa memakai ImageOptim sebagai alternatif untuk kompress foto. Sebab ringan dan cara untuk mengecilkan ukuran foto di macbook dengan software ini sangat mudah.

Cara kompres foto di macbook:
  • Download dan Install ImageOptim.
  • Jalankan ImageOptim.cara mengubah ukuran foto di mac
  • Drag and drop gambar atau foto yang ingin di compress.

Baca juga : Cara Untuk Membuat Baterai HP Samsung jadi lebih Awet Terbaru

Demikian cara untuk bisa melakukan kompres foto yang bisa kamu lakukan melalui android atau laptop dengan mudah. Karena sekarang ini zaman sudah sangat canggih jadi semua apa yang kamu inginkan bisa dibuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel