Cara Memasang dan Mendaftarkan blog di Google Analytics

Cara Memasang dan Mendaftarkan blog di Google Analytics
Sebagai seorang blogger sewajarnya ingin mengetahui perkembangan blog yang dibangunnya, sebab pengetahuan akan perkembangan blog tersebut sangatlah baik untuk memacu motivasi dalam diri. Sehingga rasa bosan dan malas dalam menulis akan sedikit-sedikit sirna dan tergantikan dengan rasa semangat untuk terus ingin berbagi melalui tulisannya. Memang pada blogger sendiri sudah ada fitus stats, namun fitur tersebut tidak secara realtime memberikan informasi akan pengunjung pada blog kita. Pada stats blogger hanya menampilkan jumalh keseluruhan kunjungan pada blog kita saja tidak memberikan informasi jumlah kunjungan atau visitor saat ini.

Karena fitur stats yang kurang tersebut membuat banyak blogger mencari alternative lain untuk bisa mengetahui informasi jumlah pengunjung secara realtime. Salah satu yang sering ya histats. Histats memang cukup banyak dikenal dan gunakan para blogger untuk mengetahui jumlah traffik dan jumlah pengunjung pada website mereka.

Tapi tahu kah kamu kalau Google juga mempunya tools seperti itu? Jika belum maka Camumas kasih tahu nih untuk kamu yang belum mengenal akan tool Google ini. Googel analytics inilah tool Google yang sangatlah powerfull untuk masalah mengetahui secara realtime pengunjung yang sedang hadir pada website kamu. Sudah banyak yang menggunakan tool ini salah satunya ya mastimon.com, Arlinadzgn.com, dll.

Lalu bagaimana cara untuk menggunakan tool ini? Mula-mula kamu diharuskan untuk mendaftarkan blog kamu terlebih dahulu pada googel analytics, setelah berhasil mendaftar kamu bisa langsung memasang kode analytics pada blog kamu. Tenang saja kami sudah menyiapkan caranya untuk memsang dan mendaftarkan blog di google analytics.


Cara Mendaftar Google Analytics Universal

1. Kunjungi Halaman Googel Analiytics.
2. Setelah berada pada halaman google analytics, klik link MASUK di kanan atas.
3. Klik PENDAFTARAN untuk membuat akun analytics baru.
Sign up Google Analytics
4. Setelah kamu masuk lengkapi formulir pendaftaran.
5. Pastikan opsi yang kamu pilih adalah WEBSITE bukan APLIKASI.
6. Geser kebagian bawah kamu akan memilih opsi dari google analytics dan pastikan pilih yang UNIVERSAL ANALYTICS karena fiturnya lengkap dan sama gratisan. Baca juga : Cara Membuat Posisi Iklan Adsense Random (Otomatis)
formulir Googel analytics
7. Selanjutnya klik setuju pada PRIVACY POLICE
privacy police
8. Setelah kamu klik SETUJU, kamu akan dibawa kehalaman akun kamu, dan akan ada kode analytics yang kamu harus pasang pada blog kamu.
9. Silahkan copy kode tersebut.

Memasang ID Tracking Google analytics pada blog kamu

1. Masuk pada akun blogger > Teme/Theme > Edit HTML.
2. Cari kode </head> pada blog kamu dan paste kode analytics tepat diatas </head>
3. Simpan.

Alternatif untuk memasang Googel analytics

Sebenarnya kamu juga bisa memasang ID pelacakan melalui pengaturan lalu pilih lainnya pada kolom google analytics masukan kode PELACAKAN KAMU (UA-XXXXX-X).
instal Google Analytics

Baca juga : Cara Memasang Kode iklan Adsense pada blog tanpa Parse

Demikian tadi cara untuk memasang kode ID google analytics pada blog, serta cara untuk mendaftarkan blog pada analytics google. Dengan cara yang telah kami berikan silakan tunggu 1 atau 2 hari maka akan terlihat perkembangan traffik di Google analytics, hal ini terjadi karena perkembangan sudah ada pada traffik disana, sehingga kamu bisa memantau yang sebenar-benarnya pengunjung pada blog kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel