Kompress File Besar jadi Kecil di Android [Highly Compressed]

Kompress File Besar jadi Kecil di Android [Highly Compressed]
Pasti kamu sangat mengenal dengan format file .zip atau .rar? Semua file kompres tersebut memang berisi banyak file yang dijadikan 1 (satu) untuk mempermudah dalam menggabungkan file. Tapi pernah tidak kamu ketemu sama file yang ukurannya kecil tapi setelah di ekstrak isinya sampai ratusan mb?

Jika pernah maka file kompres tersebut sudah dilakukan optimasi dengan sebutan Highly Compressed. Ya walau memang tentu sulit untuk membuat banyak file bisa dijadikan file kecil dengan dilakukan kompres atau Highly Compressed ini.

Tapi dengan bantuan software juga aplikasi maka semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan gampang, apalagi saat ini sudah muncul android yang sudah mampu untuk melakukan Highly Compressed itu.

Berikut Caramumas akan memberikan caranya untuk kamu dalam kompress file agar bisa Highly Compressed hanya dengan menggunakan gadget android saja.

Cara Mengompres File Besar Menjadi Kecil di Android

  • Download aplikasi ZArchiver.

  • Buka kemudian pilih file yang ingin di highly kompres, setelah itu klik centang
  • Tekan lama bagian filenya, kemudian klik tulisan "kompres"
  • Setting seperti gambar dibawah ini:

  • Untuk selanjutnya saya sarankan untuk menghapus file bekas highly compressed agar menghemat ruang,
Cara diatas merupakan cara mengompres file besar menjadi kecil (Highly Compressed) menggunakan bantuan aplikasi ZArchiver, dan hasil akhirnya adalah compressed file berformat .zip dengan ukuran file yang bisa dibilang kecil juga.

Kemudian selain ZArchiver kamu bisa menggunakan aplikasi RAR untuk android, sebab seperti RAR pada Komputer yang mempunyai banyak kemampuan yang luar biasa dalam hal kompres file.

Cara Mengompres Highly Compressed di Android dengan RAR

  • Download aplikasi "RAR"
  • Buka apk "RAR"
  • Cari file yang ingin kamu kompres menggunakan apk "RAR"
  • Kalau sudah ketemu lalu tandai(checklis) pada kolom sebelah kanan, kemudian tekan "add to archive".

  • Kemudian akan muncul opsi pilihan seperti pada gambar dibawah ini, silahkan kalian setting sedemikian rupa hingga sama dengan contoh yang ada dibawah, atau kalian dapat setting sendiri sesuka hati kalian.





Keterangan Gambar:
Jelajahi: Artinya tempat hasil kompresi
Nama file: WhatAapp Documents.rar
Versi rar: RAR 4.x
  • Jika dirasa semua sudah disetting mirip dengan contoh, langkah selanjutnya adalah klik "OK" dibagian bawah kanan.

  • Tunggu sampai selesai kemudian lihat perbandingannya
Diatas adalah cara mengompres file besar agar bisa highly compressed di android, dengan menggunakan aplikasi "RAR". Format dari hasil pengompresan diatas  adalah rar.

Lalu apakah perbedaan antara file kompresan yang berformat .rar dengan yang berformat .zip? Bagus manakah dan lebih cepat manakah diantara cara pengompresan kedua format tersebut?? Silahkan lihat perbedaannya dibawah ini:

Jadi format .zip ternyata lebih mementingkan dalam hal kecepatan kompres file, sementara format .rar lebih memfokuskan hasil akhir dari pengkompresan tersebut. jika kalian ingin mendapatkan file yang ukuran lebih kecil, kalian dapat menggunakan format rar dalam melakukan pengompresan.

Jadi bagaimana apa kamu sudah faham mana yang lebih baik dari Highly Compressed baik itu .zip maupun .rar? Semoga dengan cara yang kami berikan bisa kamu mengerti dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel